Laman

Selasa, 13 Mei 2014

Contoh RPP Kelas X SMA Bahasa Indonesia Kurikulum 2013


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan                  : SMA Negeri 1 Palembang
Mata Pelajaran                         : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        : X/I (Ganjil)
Topik/Tema/Pokok Bahasan    : Gemar Menerka Alam Semesta
Sub Topik                                : Mengamati laporan yang ideal
Alokasi Waktu                                    : 2x45 Menit
A.    Kompetensi Inti
3.         Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.         Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.    Kompetensi Dasar
1.2       Mensyukuri anugrah tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
2.2       Menunjukan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk melaporkan hasil observasi
3.3       Menganalisis struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
4.3       Menyuting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik melalui lisan maupun tulisan



C.    Tujuan Pembelajaran
1.                  Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat mengetahui struktur laporan hasil observasi
2.                  Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat memahami kaidah laporan hasil observasi
3.                  Setelah tanya jawab, siswa dapat memproduksi teks laporan hasil observasi
D.   Indikator
1.                  Mengidentifikasi struktur laporan hasil observasi
2.                  Mengidentifikasi kaidah laporan hasil observasi
3.                  Memproduksi teks laporan observasi
E.    Materi ajar
1.                Laporan ialah Suatu penjabaran umum  mengenai suatu yang didasarkan pada observasi sesuai dengan masalah
2.                Observasi ialah kegiatan pengumpualan data atau informasi melalui pengamatan langsung atau peninjauan secara cermat dilapangan atau dilokasi pengamatan.
3.                Laporan hasil observasi yang ideal adalah laporan yang sesuai dengan apa yang di kehendaki atau diciptakan artinya laporan tersebut telah sesuai dengan struktur, kaidah EYD dan segala bentuk isinya.
Klasifikasi teks laporan ideal
1.      Pernyataan Umum
2.      Anggota atau aspek yang dilaporkan
Contoh teks laporan :
Karnaval
Ujian Sekolahku
Sekitar dua ratus pelajar SMA, SMK, dan sederajat, berkumpul didepan kantor PDAM Bandung, jalan Badaksinga, Minggu (12/8). Setelah melakukan beberapa persiapan, kelompok pelajar ini melakukan pawai melewati Taman Cikapayang, menelusuri Jalan Ir. H. Juanda, menuju Bandung Indah Plaza (BIP).
(Pikiran Rakyat)
Aduh, hari ini aku belajar untuk ujian matematika besok pulang sekolah ada janji mau kerja kelompok biologi. Tugas prakarya bahasa Indonesia belum selesai lagi. Bahgaimana, nih?
Kalau kamu sering mengalami hal seperti itu, hati-hati, lho. Mungkin kalau semua pekerjaan harus dikerjakan dalam waktu yang bersamaan, kamu akan menghabiskan nafas. Waktu terasa sempit, dan pekerjaan yang dilakukan pun hasilnya tidak akan optimal.
(Ridho Muhammad Zulkarnaen)

Kedua teks yang telah ada memiliki karakter yang berbeda. Teks pertama menyajikan fakta-fakta tentang adanya suatu peristiwa ataupun kejadian dan Teks kedua berisi pendapat-pendapat ataupun saran-saran. Teks yang pertama itulah yang dikategorikan sebagai laporan yang ideal.
F.    Pendekatan/ Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan    : Seintific
2.         Metode           : Ceramah, penugasan, diskusi
3.         Model             : Tugas Rumah
G.   Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
       Media             :  Carta/Power Poin
       Alat/Bahan     : Contoh Teks Laporan yang berjudul “Karnaval dan Ujian Sekolahku”
       Sumber           : Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X,
                          KBBI
H. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Langkah-langkah
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Memberi salam
2.      Mengkondisikan situasi  siswa/ kelas
3.      Menuliskan judul
1.      Menuliskan judul pelajaran hari ini.
2.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
7 menit
Kegiatan Inti
ü  Mengamati






ü  Menanya




ü  Mencoba
·         Mengamati secara individu penjelasan dari guru tentang pengertian teks laporan ideal dan klasifikasi dari hasil observasi.
·         Tanya jawab siswa dengan guru tentang materi yang belum di mengerti.

·         Secara individu siswa melakukan observasi terhadap materi yang disampaikan.
20 Menit






20 Menit




30 Menit



Penutup
1.      Memberi Penguatan
2.      Tindak Lanjut
1.      Guru Bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran
2.      Pemberian Tugas
7 Menit

I.                   Penilaian
a.      Penilaian                    : Kognitif,
Bentuk Penilaian       : Tes Lisan/Tertulis
Soal
Kunci Jawaban
Skor
1.         Apa yang dimaksud dengan laporan yang ideal?




2. Apa saja Klasifikasi dalam membuat teks laporan yang ideal?
1. Laporan hasil observasi yang ideal adalah laporan yang sesuai dengan apa yang di kehendaki atau diciptakan artinya laporan tersebut telah sesuai dengan struktur, kaidah EYD dan segala bentuk isinya.

2.        1. Pernyataan Umum

     2. Anggota atau aspek yang   dilaporkan.
30






10

b.      Penilaian Psikomotor/Kinerja
Organ Sistem Pencernaan Pada Manusia
Rongga mulut :
  • Gigi
  • Lidah
  • Kelenjar air liur (saliva)
A.    Gigi
Terbetuk dari tulang gigi (dentin). Strukturnya terdiri dari makhota gigi, leher, dan akar gigi.

Ada 3 macam gigi pada manusia, yaitu:
  • Gigi seri ( berfungsi untuk memotong makanan)
  • Gigi taring(berfungsi untuk mengoyak makanan)
  • Gigi geraham(berfungsi untuk mengunyah makanan)
Pada anak - anak disebut gigi susu (20 buah) sedangkan pada orang dewasa gigi tetap (38 buah). Pencernaan makanan pada gigi disebut pencernaan mekanis.
B.      Air Liur
Pada mulut ada 3 kelenjar saliva, yaitu parotis, sublingualis, dan submandibularis. Air liur mengandung enzim ptialin dan amilase. Pencernaan pada mulut yang dibantu air liur disebut
pencernaan kimiawi.
C.    Lidah
Berfungsi menempatkan makanan di antara gigi sehingga akan untuk mudah dikunyah.
D.     Kerongkongan (Esofagus)
Berfungsi sebagai jalan bolus dari mulut menuju lambung. Bagian dalam kerongkongan selalu basah oleh cairan yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar yang terdapat pada dinding kerongkongan untuk menjaga agar bolus menjadi basah dan licin.
Keadaan ini akan mempermudah bolus bergerak melalui kerongkongan menuju ke lambung. Bergeraknya bolus dari mulut ke lambung melalui kerongkongan disebabkan adanya gerak peristaltik pada otot dinding kerongkongan. Gerak peristaltik dapat terjadi karena adanya kontraksi otot secara bergantian pada lapisan otot yang tersusun secara memanjang dan melingkar.
E.      Lambung
Lambung terdiri atas tiga bagian sebagai berikut :
  • Bagian atas disebut kardiak, merupakan bagian yang berbatasan dengan esofagus.
  • Bagian tengah disebut fundus, merupakan bagian badan atau tengah lambung.
  • Bagian bawah disebut pilorus, yang berbatasan dengan usus halus.
Daerah perbatasan antara lambung dan kerongkongan ter dapat otot sfinkter kardiak yang secara refleks akan terbuka bila ada bolus masuk. Sementara itu, di bagian pilorus terdapat otot yang disebut sfinkter pilorus. Otot-otot lambung ini dapat berkontraksi seperti halnya otot-otot kerongkongan. Apabila otot-otot ini berkontraksi, otot-otot tersebut menekan, meremas, dan mencampur bolus-bolus tersebut menjadi kimus (chyme).
F.      Usus Halus
Usus halus merupakan saluran berkelok-kelok yang panjangnya sekitar 6–8 meter, lebar 25 mm dengan banyak lipatan yang disebut vili atau jonjot-jonjot usus. Vili ini berfungsi memperluas permukaan usus halus yang berpengaruh terhadap proses penyerapan makanan.
G.     Usus besar
Usus besar atau kolon memiliki panjang ± 1 meter dan terdiri atas kolon ascendens, kolon transversum, dan kolon descendens. Di antara intestinum tenue (usus halus) dan intestinum crassum (usus besar) terdapat sekum (usus buntu).
Pada ujung sekum terdapat tonjolan kecil yang disebut appendiks (umbai cacing) yang berisi massa sel darah putih yang berperan dalam imunitas.

“Buatlah Laporan yang Ideal dengan tema “Organ Sistem Pencernaan Manusia”!
No
Aspek yang di nilai
SB
B
C
K
Ket
1
2
3
4
Temuan Informasi
Mengurutkan data
Penyusunan Kalimat
EYD






Keterangan :
Sangat Baik     : 85-100
Baik                 : 71-85
Cukup             : 61-70
Kurang                        : 50-60
                                                                                                    Palembang,     September 2013
      Mengetahui,
                  Guru Pamong                                                                    Praktikan,


Dra. Hj. Farida M                                                             Ainun Salimah
             NIP. 195709191985032003                                                  NIM.  312010018

2 komentar: