Laman

Selasa, 13 Mei 2014

Kuliah Kerja Nyata Angkatan VI 2013 di Desa Segayam Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim


BAB I
PENDAHULUAN
Kuliah Kerja Nyata Adalah bagian dari sistem pendidikan tinggi yang menempatkan mahasiswa diluar kampus agar mahasiswa hidup ditengah-tengah masyarakat. Untuk membantu dan mendampingi masyarakat memenfaatkan potensi sumber daya alam (SDA) lokal dan sumber daya manusia (SDM) yang ada untuk mengatasi permasalahan masyarakat (waktu tertentu). Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan salah satu aktifitas perkuliahan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat dan secara langsung mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah pembangunan yang dihadapi dalam desa baik secara individual maupun secara umum. Permasalahan-permasalahan yang didapatkan selama observasi kemudian dilokakaryakan pada tingkat desa kemudian agar dapat diketahui sampai mana hasil pencapaian targetnya dan apa perlu ditindaklanjuti atau ada perubahan dalam menanganinya, tidak hanya selama mahasiswa KKN berada dilokasi program tersebut berjalan, setelah mahasiswa ditarik, program tersebut terhenti begitu saja, tanpa ada terealisasi pihak desa setempat.
Posdaya sebagaimana yang telah dikemukakan adalah lembaga masyarakat yang berfungsi atau dapat dimanfaatkan sebagai forum silaturrahmi, Advokasi, komunikasi, edukasi, dan wadah kegiatan penguatan fungsi-fungsi keluarga secara terpadu yang dilaksanakan dari, oleh dan untuk keluarga serta masyarakat. Pada tahun akademik 2013-2014 PPKN UMP mengadakan suatu KKN Tematik Posdaya yaitu pelaksanaannya secara terpadu antar bidang ilmu dari fakultas masing-masing yang diselenggarakan secara terpadu antar bidang ilmu dari fakultas masing-masing yang diselenggarakan dalam desa dan kawasan tertentu. Secara pragmatik KKN Tematik Posdaya menjunjung tinggi nilai-nilai partisipatif dalam hal ini adalah bahwa program kerja yang dilaksanakan mahasiswa bukan kerja yang dibawa fakultas melainkan benar-benar merupakan kebutuhan prioritas masyarakat atau pemerintah.kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini mahasiswa tidaklah membawa uang, namun hanya membawa ilmu yang dapat dari bangku kuliah dan diaplikasikan dai desa lewat desa maupun masyarakat itu sendiri. Kuliah Kerja Nyata Tematik Posadaya. Mahasiswa hanya memotivator masyarakat baik aparatur desa maupun masyarakat itu sendiri. Kuliah Kerja Nyata Tematik Posdaya ini mahasiswa juga tetap konsisten menjalankan program kerja dalam lingkup keilmuannya sehingga dituntut untuk bekerja secara profesional dalam menyelesaikan program yang didapatkan dari masyarakat dan dikembalikan ke masyarakat semula, karena kebutuhan itu datang dari masyarakat.
            Kuiah Kerja Nyata Tematik Posdaya adalah suatu program yang dirancang oleh panitia pelaksanaan kuliah kerja nyata (PPKKN) yang merupakan bagian dari lembaga pengabdian pada masyarakat. Universitas Muhammadiyah Palembang yang menuntut mahasiswa agar dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatnya sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan sebagai perwujudan peran serta kalangan akademis.
            Desa Segayam merupakan salah satu desa di Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim. Ditinjau dari sektor pendidikan, kesehatan, lingkungan, wirausaha, desa Segayam memiliki daerah yang tidak terlalu baik dalam keempat bidang tersebut karena kurangnya prasarana yang mendukung serta minimnya pengetahuan masyarakat itu sendiri terhadap SDA dan SDM yang ada di daerah ini terdiri dari Bidang Pendidikan, Bidang Kesehatan, Bidang Wirausaha, Bidang Lingkungan.
B. Rumusan Masalah
Dari pemaparan di atas dan hasil observasi ketika berada di desa Segayam maka didapatkan permasalahan yang selanjutnya akan dibahas bersama masyarakat dan aparat desa setempat serta pengurus POSDAYA.
1.      Bidang Pendidikan
ü  Permasalahan yang utama adalah berhubungan dengan ketidaktahuan masyarakat akan pentingnya pendidikan, di Desa Segayam ini hanya 30% warga tidak mengenal sekolah karena alasan yang bukan utama.
2.      Bidang Kesehatan
ü  Minimnya prasarana alat-alat kesehatan serta tenaga medis di desa Segayam
ü  Masih jarang melakukan penyuluhan tentang kesehatan dalam keluarga berencana
ü  Masih jarangya penyuluhan gizi bagi balita.
3.      Bidang Lingkungan
ü  Tidak ada nama disetiap lorong
ü  Tidak adanya tempat pembuangan sampah
ü  Kurangnya kerjasama terutama masalah gotong royong
4.      Bidang Wirausaha
ü  Kurangnya kesadaran masyarakat akan potensi dan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) yang ada didesa ini
ü  Ketidaktahuan masyarakat akan pemasaran produk hasil mereka yang melimpah, serta kurangnya keterampilan masyarakat desa Segayam.
C. Maksud, Tujuan dan Sasaran
            KKN Tematik Posdaya adalah merupakan salah satu jenis KKN Tematik yang bertujuan membentuk, membina dan mengembangkan Posdaya sebagai trobosan baru dalam memperdayakan masyarakat, melalui pemanfaatan potensial SDM dan SDA lokal dalam upaya menciptakan kesejahteraan masyarakat.
1.      Maksud
a.       Untuk kepentingan mahasiswa pelaksanaan KKN Tematik Posdaya dimaksudkan membantu mahasiswa meningkatkan kemampuan menyatu untuk membantu mahasiswa meningkatkan kemampuan menyatu bersama masyarakat menerapkan ilmu dan teknologi yang dipelajari secara langsung.
b.      Untuk kepentingan keluarga dan masyarakat, KKN Tematik Posdaya dimaksudkan membantu dan memperdayakan keluarga dan masyarakat.
2.      Tujuan
1.      Meningkatkan kepedulian dan kemampuan mahasiswa mempelajari dan mengatasi permasalahan keluarga dan kedudukan melalui bantuan penyusunan rencana dan pendampingan pada pelakasanaan program yang inovatif fan kreatif melalyui penerapan dan teknologi bersama masyarakat.
2.      Meningkatkan kemampuan mahasiswa melaksanakan kegiatan pengembangan masyarakan yang sesuai arahan pembangunan manusia (Human Deprloment) mencapai target dan sasaran Milenium Develoment Goals (MDGs).
3.      Membantu mempersiapkan keluarga dan masyarakat agar memiliki kemampuan untuk memanfaatkan fasilitas dan dukungan yang diberi oleh mitra pembangunan.
4.      Meningkatkan potensi mahasiswa sesuai dengan bidang studi yang ditekuni.
3.      Sasaran
a.       Terbentuknya Posdaya sebagai sasaran pemberdayaan keluarga dan penduduk untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) dan pengetasan kemiskinan.
b.      Terbentuknya pengurus melalui fasilitas yang diberikan atau diupayakan oleh mahasiswa serta akan dilakukan melalui pemanfaatan potensi seumber daya manusia.
c.       Terlaksananya program Posdaya dengan berdampingan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tematik Posdaya Universitas Muhammadiyah Palembang.
d.      Makin mengecilnya jumlah keluarga kurang mampu karena mengikuti proses pemberdayaan dan mampu melaksanakan fungsi-fungsi keluarga secara sempurna.
e.       Meningkatkan sejahterah antara Universita Muhammadiyah Palembang.




BAB II
KEADAAN UMUM DAN LOKASI
A.    Kondisi Potensi Desa/Kelurahan
1.      Geografis
a.       Letak Wilayah
Letak wilayah Kelurahan Segayam berada di Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim.

TABEL 1
Batasan Wilayah
Batas Wilayah

Desa/Kelurahan
Kecamatan
Sebelah Utara
Bakung/Lorok
Gelumbang

Sebelah Selatan
Sentul
Gelumbang

Sebelah Timur
Sukamulia
Gelumbang

Sebelah Barat
Tanjung Medang
Gelumbang


b.      Luas Wilayah
Luas wilayah Kelurahan Segayam Kecamatan Gelumbang ini berkisar 324 Hektar/m2.. dimana luas tersebut terbagi menurut penggunaan tanah yakni:
-          Luas Pemukiman                                 10        Hektar/m2
-          Luas Persawahan                                10        Hektar/m2
-          Luas Perkebunan                                 300      Hektar/m2
-          Luas Kuburan                                     1          Hektar/m2
-          Luas Perkarangan                                3          Hektar/m2
324      Hektar/m2

c.       Pembagian administrasi dan pemerintahan
Pembagian administrasi pemerintah terbagi atas Kades, Sekdes, Kaur, Kadus dan RT yang ada di desa Segayam.
2.      Sumber Daya Alam dan Potensi
·         Sumber Daya Alam
a.       Petani 603 keluarga
b.      Peternakan yakni, ayam kampung 625 ekor/orang, bebek 500/25 orang, kambing 85 ekor/18 orang, dan angsa 22 ekor/7 orang, sapi 55 ekor/21 orang
c.       Perikanan
Empang atau kolam 1 hektar menghasilkan 1 ton/tahun. Jenis ikan yang dihasilkan yakni patin 1 ton dan lain-lain 0,5 ton.
Berdasarkan keterangan tersebut  bahwa Desa Segayam memiliki Sumber Daya Alam yang melimpah, serta menjanjikan di bidang pertanian, selainan bermata pencaharian petani, penduduk atau masyarakat Desa Segayam juga beternak sapi, ayam, bebek, kambing, angsa, dan ikan.
·         Potensi Masjid
a.       Mushola Al- Idrus
1)      Pengajian ibu-ibu yang dilaksanakan setiap hari jum’at pukul 14.00 WIB
2)      TPA yang dilaksanakan setiap hari sabtu-kamis pukul 14.00 WIB
b.      Masjid Nurul Iman
1)      Pengajian ibu-ibu yang dilaksanakan setiap hari jum’at pukul 14.00   WIB
2)      TPA yang dilaksanakan setiap hari senin-kamis terbagi menjadi 2 sesi
a)         Sesi I sore pukul 14.00 WIB
b)         Sesi II malam 16.00 WIB



B.     Pola Kehidupan Masyarakat
·         Kependudukan
TABEL 2
Penduduk Menurut Jenis Kelamin
Kependudukan Sumber Daya Manusia menurut jenis kelamin pada desa Segayam diantaranya:
Jenis Kelamin
Jumlah
Jumlah laki-laki
2001
Jumlah Perempuan
2650
Jumlah Total
4651
Jumlah Kepala Keluarga
930
Kepadatan Penduduk
___
Berdasarkan tabel diatas bahwa penduduk berjenis kelamin laki-laki jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan penduduk berjenis kelamin perempuan.
      TABEL 3                                                                                                                                                                             TABEL 3
Tabel Jumlah Penduduk
Penduduk
Jumlah
Bayi Laki-laki
41
Bayi Perempuan
70
Ibu Hamil
109
Ibu Bersalin
105
Pasangan Usia Subur (PUS)
760
Wanita Usia Subur (WUS)
760
Balita Laki-laki
250
Balita Perempuan
210
Remaja Laki-laki
535
Remaja Perempuan
432
Usia Lanjut Laki-laki
254
Usia Lanjut Perempuan
134
Dukun Anak
1
Keluarga Berencana (KB)
1.000
Jumlah Total Penduduk                                                       4.661

C.    Sarana dan Prasarana
1.   Lembaga Pendidikan
Pendidikan formal yang baru terdaftar saat ini di kelurahan adalah sebagai berikut:
a.       Lembaga pendidikan Sekolah Dasar (SD) Negeri yang statusnya terdaftar yakni ada 2 pada desa Segayam
b.      Lembaga pendidikan Sekolah Dasar (SD) Swasta yang statusnya terdaftar yakni ada 1 pada kelurahan Segayam
c.       Lembaga pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang statusnya terdaftar yakni ada satu pada kelurahan Segayam
2. Peribadatan
a.       Jumlah Masjid terdapat 3 buah
3. Kesehatan
a.       Jumlah dukun bersalin terlatih 1 orang
b.      Jumlah bidan 1 orang
c.       Jumlah perawat 2 orang
d.      Dokter praktik 1 orang
4.      Transportasi
Macam-macam kendaraan yang ada di desa Segayam yaitu:
a.       Ojek motor 10 unit
b.      Perahu motor 1 unit
c.       Perahu tanpa motor 15 unit
D.    Potensi Kelembagaan
Terdapat struktural di desa Segayam yakni sebagai berikut:
1.      Satu orang kepala desa
2.      Satu orang bendahara desa
3.       Satu orang sekretaris desa
4.      Dan karyawan-karyawan desa


E.     Ekonomi Masyarakat
TABEL 4
Jumlah angkatan kerja berumur 18-56 tahun
Keterangan
Jumlah
Jumlah angkatan kerja (penduduk usia 18-56 tahun)
1863 orang
Jumlah penduduk usia 18-56 tahun yang masih sekolah dan tidak bekerja
984 orang
Jumlah penduduk usia 18-56 tahun yang menjadi ibu rumah tangga
728 orang
Jumlah penduduk usia 18-56 tahun yang bekerja penuh
1112 orang

F.     Program Pembangunan desa/kelurahan
·         Program Pembangunan Bidang Ekonomi dan Lingkungan
·         Program Pembangunan Bidang Pendidikan
ü  Visi
Untuk mendukung visi pemerintahan Kabupaten Muara Enim maka visi pemerintah desa Segayam mewujudkan desa-desa yang mandiri, sejahtera dan tentram.
ü  Misi
1.      Meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat
2.      Membangun kelompok sarana dan prasarana dalam lingkungan bermasyarakat
3.      Tersedianya sarana dan prasarana dalam pendidikan
ü  Tujuan
1.      Tersedianya sarana dan prasarana ekonomi
2.      Tersedianya sarana dan prasarana lingkungan
3.      Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan
ü  Sasaran
1.      Peningkatan pendapatan masyarakat
2.      Peningkatan kebersihan dan kesehatan bagi masyarakat
3.      Peningkatan mutu serta kualitas bagi pendidikan
BAB III
MASALAH DAN PEMECAHANNYA
A.    Uraian Masalah
Banyak sekali masalah-masalah yang ada di desa ini baik dalam bidang prasarana fisik maupun non fisik itu yang menjadi kendala kami untuk lebih berkerja keras melaksanakan program yang akan kami laksanakan.
B.     Faktor Pendukung dan Penghambat
Dalam pelaksanaan program kerja mahasiswa KKN Tematik Posdaya di desa Segayam. Banyak mendapatkan dukungan dari semua pihak yang terkait baik materi, moril, maupun tenaga sehingga program Kuliah KerJa Nyata yang telah disetujui pada seaat lokakarya di desa Segayam dapat dilaksanakan yang telah ditentukan.
1.      Bidang Pendidikan
Pelaksanaan dalam bidang pendidikan mendapat respon yang sangat baik, karena minimnya tenaga pengajar di desa Segayam serta kegiatan memberikan belajar tambahan bagi murid SD Negeri dan memberikan pembinaan kepada guru serta memberikan pengajaran di sekolah PAUD.

2.       Bidang Kesehatan
Banyak sekali kendala yang dihadapi mahasiswa saat melakukan penyuluhan tentang kesehatan yang mana kendalanya dari salah satu mahasiswa tidak satupun berasal dari Fakultas Kedokteran, namun kegiatan berjalan dengan lancar karena adanya kerjasama dari pihak yang terkait dengan mahasiswa/i dengan bidan desa Segayam, sehingga kegiatan tetap terlaksana dengan baik.
3.      Bidang Lingkungan
Melakukan pendataan penduduk, mengenal budaya dan sejarah desa, melakukan kerja bakti, dan gotong royong bersama masyarakat desa.
4.      Bidang Wirausaha
Mahasiswa/i KKN UMP bersama dengan masyarakat, dan pemuda-pemudi mengadakan pelatihan kerajian tangan dengan membuat bunga dari kantong plastik, serta membuat bahan dasar kain menjadi pernak-pernik yang dapat di pasarkan sehingga menjadi pendapatan bagi masyarakat yang ingin menjualnya.

C.    Faktor-faktor Penghambat dan Cara Mengatasinya
1.      Jenis Kegiatan                   : Pembentukan Posdaya
Target                                : 100%
Pelaksanaan                       : 26 Januari 2014
Bahan/Materi                    : Konsumsi
Penanggung Jawab           : M. Rosadi
Keterangan                        : Posdaya Gemilang di resmikan di Balai
                                            Desa dan Penyerahan Surat Keputusan
                                            Pembentukan Posdaya Gemilang
2.  Jenis Kegiatan                 :
Bentuk
Kegiatan
 Tujuan

Sasaran
Target
Tanggal Pelaksanaan
Penanggung Jawab
: Sosialisasi Posdaya
: Pengadaan Bimbingan Belajar
: Memberikan kesempatan kepada siswa
: Memberikan kesempatan kepada siswa                agar berprestasi dan belajar lebih giat 
 : SD N 19 Segayam  
 : 100%
: 28 Februari 2014
: Ni Ketut Ratna Dewi, Hani Ammariah,  Vivin Anggraini
3.      Jenis Kegiatan                   : Posdaya Sanggar Tari Gemilang
Bentuk Kegiatan               : Sanggar Tari
Tujuan                               : Memberikan Penyaluran Bakat Kreatifitas
Sasaran                              : Pemuda-Pemudi Desa Segayam
Target                                : 100%
Pelaksanaan                       : 11 Februari 2014
Penanggung Jawab           : Ainun Salimah

4.      Jenis Kegiatan                   : Pembuatan Tong Sampah dan Nama Lorong
Bentuk Kegiatan               : Pembuatan Tong Sampah dan Nama Lorong
Tujuan                               : Menghimbau agar lingkungan sekitar bersih
                                            dan rapi, serta petunjuk jalan
Sasaran                              : Dusun 1, 2, Dan 3
Target                                : 100%
Pelaksanaan                       : 16 Februari 2014
Penanggung Jawab           : Septa Winarto, Mario Pratama

5.      Jenis Kegiatan                   : Penyuluhan Posyandu
Bentuk Kegiatan               : Penyuluhan dan Membantu Tenaga Medis
Tujuan                               : Pola Hidup Sehat
Sasaran                              : Ibu dan Anak
Target                                : 100%
Pelaksanaan                       : 17 Februari 2014
Bahan/Materi                    : Imunisasi dan Vitamin
Penanggung Jawab           : Randi Bayuputra

6.      Jenis Kegiatan                   : Perpisahan
Bentuk Kegiatan               : Penyarahan Plakat
Tujuan                               : Pemberian Cinderamata Kepada Kepala Desa
Target                                : 100%
Pelaksanaan                       : 2 Maret 2014
Penanggung Jawab           : M. Rosadi



BAB IV
PROGRAM KERJA

Program kerja dilaksanakan setelah terlebih dahulu kami mengidentifikasikan masalah sesuai dengan lampiran 1 ini dilaksanakan.  Kerangka kerja, program kerja, yang akan dilaksanakan di desa yang kami laksanakan di desa Segayam selama Kuliah Kerja Nyata setelah mendapatkan informasi permasalahan di desa Segayam barulah kami menyusun program kerja sesuai dengan lampiran 1, 2, dan 3 lampiran ini di buat sebagai panduan untuk kami laksanakan di desa Segayam dengan program, kami mencoba mendetailkan scadule kami lampirkan dalam program kerja, rincian dari program tersebut dapat dilihat dalam matrik kegiatan-kegiatan untuk lebih jelasnya dapat kita lihat pada lampiran berikut ini:

BAB V
PELAKSANAAN DAN HASIL
Program kerja dilaksanakan setelah terlebih dahulu kami mengidentifikasikan masalah sesuai dengan lampiran 1 ini dilaksanakan.  Kerangka kerja, program kerja, yang akan dilaksanakan di desa yang kami laksanakan di desa Segayam selama Kuliah Kerja Nyata setelah mendapatkan informasi permasalahan di desa Segayam barulah kami menyusun program kerja sesuai dengan lampiran 1, 2, dan 3 lampiran ini di buat sebagai panduan untuk kami laksanakan di desa Segayam dengan program, kami mencoba mendetailkan scadule kami lampirkan dalam program kerja, rincian dari program tersebut dapat dilihat dalam matrik kegiatan-kegiatan untuk lebih jelasnya dapat kita lihat pada lampiran berikut ini:
Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan:
1.      Bidang Kegiatan Prasarana Fisik dan Non Fisik
a.      Pembentukan Stuktur Organisasi Posdaya Desa
Jenis Kegiatan             : Pembentukan Struktur Organisasi Posdaya Gemilang
Lokasi Kegiatan          : Desa Segayam
Tujuan Kegiatan          : Menjadikan Keluarga dan Masyarakat Sejahterah
Manfaat Kegiatan       : Membantu Masyarakat dan Pemerintah Dalam
  Rangka Menyelesaikan Pembangunan Desa
Metode Kegiatan        : Penyuluhan Tentang Posadaya
Tanggal Pelaksanaan   : 26 Januari 2014
Penanggung Jawab     : M. Rosadi

b.      Pengajaran PAUD dan SD
Jenis Kegiatan             : Pengajaran
Lokasi Kegiatan          : Desa Segayam Kecamatan Gelumbang Kabupaten
                                      Muara Enim
Tujuan Kegiatan          : Membantu dan Membina Tenaga Pengajar
Manfaat Kegiatan       : Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak-anak
Metode Kegiatan        : Belajar Sambil Bermain
Tanggal Pelaksanaan   : 28-23 Januari/Febuari 2014
Penanggung Jawab     : Ni Ketut Ratna dewi

c.       Bimbingan Belajar
Jenis Kegiatan             : Penajaran
Lokasi Kegiatan          : Posko 301, SD N 19 Segayam
Tujuan Kegiatan          : Memberikan Pengajaran Tentang Pemahaman
                                      Dalam Belajar
Manfaat Kegiatan       : Meningkatkan Kualitas Pendidikan
Metode Kegiatan        : Belajar Menyenangkan
Tanggal Pelaksanaan   : 1 – 22 Februari 2014
Penanggung Jawab     : Hani Ammariah

d.      Sanggar Tari Gemilang
Jenis Kegiatan             : Kesenian
Lokasi Kegiatan          : Balai Desa
Tujuan Kegiatan          : Memberikan Penyaluran Bakat serta Kreatifitas
                                      Pemuda-Pemudi Segayam
Manfaat Kegiatan       : Meningkatkan Kreatifitas Pemuda-pemudi
Metode Kegiatan        : Belajar dengan Kreasi
Tanggal Pelaksanaan   : 11 Februari 2014
Penanggung Jawab     : Ainun Salimah

e.       Bidang Keagamaan
Jenis Kegiatan             : Acara Maulid Nabi
Lokasi Kegiatan          : Musollah AL-Aziz Desa Segayam
Tujuan Kegiatan          : Meneladani Sifat Rasulullah SAW
Manfaat Kegiatan       : Memperbaiki Akhlaq
Tanggal Pelaksanaan   : 13 Februari 2014
Penanggung Jawab     : Sudiyanto

f.       Bidang Kesehatan
Jenis Kegiatan             : Pelayanan Posyandu
Lokasi Kegiatan          : Balai Desa
Tujuan Kegiatan          : Membantu Tenaga Medis
Manfaat Kegiatan       : Meningkatkan Kepedulian Masyarakat Tentang
                          Kesehatan Ibu dan Anak
Metode Kegiatan        : Penyuluhan Tentang Kesehatan
Tanggal Pelaksanaan   : 17 Februari 2014
Penanggung Jawab     : Randi Bayuputra

g.      Bidang Lingkungan
Jenis Kegiatan             : Gotong Royong
Lokasi Kegiatan          : Desa Segayam Dusun 1, 2, dan 3
Tujuan Kegiatan          : Meningkatkan Kepedulian Masyarakat Akan
                                      Pentingnya Kebersihan Lingkungan
Manfaat Kegiatan       : Membiasakan Hidup Sehat
Tanggal Pelaksanaan   : 15-23 Februari 2014
Penanggung Jawab     : Septa Winarto

h.      Bidang Wirausaha
Jenis Kegiatan             : Pembentukan Struktur Organisasi SDA dan SDM
Lokasi Kegiatan          : Desa Segayam
Tujuan Kegiatan          : Menjadikan Keluarga dan Masyarakat Sejahterah
Manfaat Kegiatan       : Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat
                                      dalam Berwirausaha Mandiri
Metode Kegiatan        : Penyuluhan Tentang Kewirausahaan
Tanggal Pelaksanaan   : 22 Februari 2014
Penanggung Jawab     : Rudi Arfan



BAB VI
KESIMPULAN DAN SARAN

A.    Kesimpulan
Program dari KKN Tematik Posdaya Angkatan VI Tahun 2014 yang dilaksanakan di Segayam Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim tanggal 23 Januari 2014 sampai dengan 6 Maret 2014 dapat di ambil simpulan sebagai berikut:
1.      Posdaya
Pada tanggal 26 Januari 2014 terbentuknya posdaya dari Tematik Posdaya UMP yang di beri nama Gemilang di desa Segayam Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim.
2.      Bidang Pendidikan
Pemberdayaan pada SDM dan membina anak-anak PAUD serta SD N 19 Segayam serta memberikan bimbingan belajar tambahan bagi anak-anak
3.      Bidang Lingkungan
adanya sosialisasi kebersihan, pembuatan nama-nama lorong, pembuatan kotak sampah, pembuatan nama masjid, gotong royong serta sensus penduduk.
4.      Bidang Kesehatan
Bidang kesehatan ini juga ikut serta dalam memberikan imunisasi serta, penyuluhan kesehatan bagi ibu hamil dan ibu-ibu menyusui.
5.      Bidang Agama
Memberikan apresiasi berupa perlombaan busana muslim, hafalan ayat-ayat pendek, lomba azan dan memberikan hadiah bagi mereka yang beruntung
6.      Bidang Wirausaha
Penyuluhan tentang kewirausahaan dan usaha mandiri bagi pemuda-pemudi untuk meningkatkan perekonomian dan kreatifitas masyarakat desa Segayam berupa kerajinan tangan.

B.     Saran
Bagi Masyarakat
1.      Harus Lebih ditingkatkan lagi partisipsi dan kerjasama masyarakat dalam kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa KKN.
Bagi Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah Palembang
1.      Lakukan pengawasan dan pengecekan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN seminggu sekali
2.      Menjelaskan program-program utama kerja mahasiswa KKN
3.      Harus Ada anggaran dana khusus untuk KKN
Bagi Pemerintah Desa/Kecamatan/Kabupaten
1.      Menyediakan dana untuk mahasiswa KKN
2.      Keterlibatan langsung dari pihak pemerintah Desa, Kecamatan, dan Kabupaten sangat diperlukan dalam kegiatan KKN agar semua kegiatan yang direncanakan dapat dilaksanakan dengan baik
Bagi DAMANDIRI  
1.      Bersedia menyediakan dana untuk mahasiswa KKN
2.      Mempunyai program kerja khusus untuk mahasiswa KKN dan ikut terlibat dalam pelaksanaannya

2 komentar:

  1. sHeepz Infonya,,,tp Sentul kcamatannya bkan Gelumbang mbak.,Tp Tanjung Batu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gelumbang kecamantan nya. Ini kkn nya di wilayah sumsel mas.

      Hapus