Laman

Kamis, 12 April 2012

Sriwijaya of PALEMBANG

Sriwijaya of PALEMBANG
Kota yang penuh dengan gudang pempek nya, ia itulah kota yang terkenal dengan makanan khas nya pempek adalah Kota Palembang, kota yang indah dengan perbedaan kultur yang ada mampu menyeimbangkan dan menyelaraskan kehidupan bermasyarakat dan sampai sekarang palembang terkenal dengan keramahannya. Tidak hanya itu kota ini sangat menarik dan unik untuk dijelajahi dengan pesona alam yang masih asri terbentang sungai-sungai yang mengelilingi kawasan ditiap daerah-daerah di Palembang tepatnya (Sumatera Selatan).
Palembang tidak hanya terkenal dengan makanan khas nya saja, namun juga tempat wisata, kesenian tradisional, dan kerajinan tangannya. Setelah diadakannya Sea Games 2011 kemarin Kota Palembang makin banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Masyarakat juga sangat antusias meningkatkan kreatifitasnya dalam memajukan kota Palembang lebih dikenal dimata dunia, perlahan namun pasti perubahan-perubahan yang terlihat dalam memajukan kota palembang selaras dengan kehidupan alamnya. Dari mulai tempat wisata yang penuh sejarah dan cerita khas yang melatarbelakangi ditiap objek wisata yang ada di Kota Palembang
Tempat wisata yang dapat dikunjungi yaitu :
·        Gunung Dempo tepatnya di Kota Pagar Alam kurang lebih 7 jam perjalanan dari pusat kota di Palembang. Terdapat objek wisata yang dapat dikunjungi, objek wisata Batu Gong, perkebunan teh lereng dempo, sungai lematang indah, air terjun curup embun, arca manusia purba.
·         Kebun Teh yang terdapat di Kota Pagar Alam Sumatera Selatan.
·        Pulau kemaro yang terletak di daerah Sumatera Selatan tepatnya di tengah sungai musi yang membelah kota Palembang.
·         Taman makam Pahlawan yang mempunyai cerita sejarah berdirinya kerajaan Sriwijaya.
·         Museum Bala Putra dewa
·         Benteng Kuto Besak
·         Taman Purbakala Bukit Siguntang
·         Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya
·         Monumen Perjuangan Rakyat terletak ditengah kota berdekatan dengan Masjid Agung Jembatan Ampera
·         Museum Sultan Mahmud Badarudin II
·         Air Mancur Kambang Iwak
·         Hutan Wisata Punti kayu, dan masih banyak lagi.
Dari tempat wisata yang ada dapat menghilangkan rasa penasaran terhadap peninggalan sejarah masa lampau, dan kekayaan alam yang sampai sekarang masih dijaga keutuhannya, tidak hanya itu pengetahuan tentang pengalaman dari berkunjung kewisata ini bisa menambah wawasan dalam berwisata, walaupun tiap tempat wisata khususnya di Indonesia memiliki ciri-ciri khas masing-masing. Tapi itu lah yang menariknya.
Tidak hanya tempat wisata Palembang juga terkenal dengan kesenian tradisionalnya kesenian Dul Muluk (pentas drama tradisional khas palembang), Tarian Gending Sriwijaya yang diadakan sebagai penyambutan kepada tamu-tamu, Syarofal anam adalah kesenian Islami, Lagu daerah seperti Dek Sangke, Cuk mak ilang, Rumah adat Palembang, dan sebagainya. Serta Kerajinan Tanganya berupa tenunan kain songket, dan masih banyak lagi.
Makanan yang khas Kota Palembang  yaitu :
·         Pempek yang bahan dasar utama daging ikan dan sagu
·         Tekwan yang mirip sup ikan yang berbahan dasar daging
·         Pindang ikan patin
·         Pindang Tulang
·         model, mirip tekwan dengan isi tahu
·         Laksan, Celimpungan, Mie Celor, Burgo, Martabak HAR, kemplang, otak-otak, dan masih banyak lagi.
Panorama Kota Palembang saat malam juga takkala menariknya sehingga masyarakat khususnya dikawasan sekitar palembang juga memberikan tempat-tempat untuk bersantai, dengan khas dan keramahannya yang menarik dari Kota Palembang adalah indahnya Ampera saat malam dengan bersantai ditepian sungai menikmati ramainya penduduk yang menjelajahi keindahan kota, tidak puas menjalajahi di kawasan Kota  Palembang ada banyak kota-kota kecil yang berada di Sumatera Selatan di daerah tersebut banyak keistimewaannya masing-masing dari makanannya, ciri-ciri khas dari setiap daerah, kerajinan tangannya, bahkan unsur kebudayaan yang ada ditiap daerah, Kota Palembang memang membuat rindu bagaimana tidak tiap kali memijakan kaki akan terus balik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar